Kuliah dan Salah Jurusan?

10.13

Salah jurusan? Buat kalian yang ngerasa salah jurusan ini artikel cuman untuk saling share aja ya, Karena pengalaman pribadi gue yang lagi kuliah dan ngerasa salah jurusan. Gue Dini, gue kuliah jurusan S1 Teknik Informatika di Universitas Telkom Bandung. Gue baru aja selesai semester 6 dan bulan depan gue bakalan resmi jadi anak semester 7 dan sampai saat ini gue ngerasa gue kuliah tapi ga dapet apa2. Bukan salah kampusnya, bukan salah dosennya tapi salah guenya. Gue yang terlalu nyantai kuliah, gue yang terlalu pengen kuliah itu indah. In fact kuliah ga seindah di FTV yang gue tonton Haha.

Gue mulai ngerasa gue salah jurusan sebenernya bukan baru-baru ini, tapi udah dari 2-3 semester kemaren. Bermulai dari mata kuliah yang terasa semakin berat setiap semesternya, dilanjut sama IP gue yang terus-terusan turun setiap semesternya. Nah puncaknya adalah kemaren pas gue mulai mencari tempat magang untuk memenuhi SKS Kerja Praktek. Gue bukan orang yang susah sebenernya cari tempat KP, gue udah minta tempat sama tante gue yang kerja di sebuah Event Organizer yang dibawahi sama salah satu perusahaan besar di bidang media massa dan katanya bisa. Selain itu juga bokap udah bilang sama omnya kalo gue lagi butuh tempat magang dan ditawarin di kepemerintahan. Hell, siapa yang gamau magang di kepemerintahan? Selain kedua itu gue juga coba cari-cari tempat magang dan akhirnya ditawarilah gue magang sebagai reporter! Reporter cooy, salah satu kepengenan gue paling besar ya pengen coba jadi reporter. Dan hasilnya gue ga ambil ketiga tempat magang diatas dan malah ambil proyek yang yaah ga terlalu berpengaruh sama hidup gue.

Jadi salah jurusannya dimana? Gue ngerasa passion gue yang selama ini gue punya gak tersalurkan dengan baik semasa gue kuliah (diluar organisasi dan ukm ya). Kecewanya lagi sama magang yang harusnya kita bisa dapet pengalaman terjun ke dunia kerja malah dibatasi sama syarat-syarat kejuruan yang ngeganggu banget. Kenapa gue ga ambil salah satu dari ketiga tempat magang yang udah tersedia buat gue, Karena ketiga tempat magang itu ga sejalur sama jurusan gue. Gue gatau kalo di kampus lain ya, tapi itu yang terjadi di kampus gue. Dan gue menyayangkan hal tersebut, Karena ga semua orang yang kuliah di jurusan Teknik Informatika bakal kerja jadi orang IT. Siapa yang bisa kasih garansi kalo kita bakal kerja sesuai sama jurusan yang kita ambil saat kuliah? Gaada! Terus nanti siapa yang bakal tanggung jawab kalo kita ga dapet kerja Karena kurang passion? Kampus? Dosen? Ga keduanya. Terus salah kita yang salah jurusan? Udah salah jurusan, ga dapet kerjaan, masih juga disalahin haha.

Sadarkah petinggi-petinggi kampus akan hal ini? Dalam satu angkatan setiap kampus bisa terdiri sampai 1000 orang bahkan lebih. Dan apa semuanya yakin berada di jurusan yang bener? Enggak kan? Oke, mungkin mereka yang merasa salah jurusan mereka bisa pindah jurusab. Tapi, gak semua orang bisa ngelakuin itu pak, buk. Saya salah satunya. Bukankah main asal pindah jurusan bakal ngebuat seseorang tidak bertanggung jawab dengan pilihannya? Iya kalo di jurusan yang baru dia ngerasa bener jurusan, kalo enggak? Apa akan disuruh untuk pindah jurusan lagi? Ga mungkin kan? Sudah habis berapa uang yang dipakai untuk pindah-pindah jurusan? Sudah kehilangan berapa tahun untuk pindah-pindah jurusan Karena tidak cocok? Kenapa tidak diberikan kesempatan untuk anak-anak yang merasa salah jurusan untuk menemukan passionnya saat magang?

Gaada dari kita yang pengen salah jurusan. Tapi hidup itu pilihan kaan? Gue udah milih untuk masuk Informatika dan gue yang harus tanggung jawab atas pilihan gue. Dan itu yang nyebabin gue masih di Informatika sampe hampir semester 7 ini. Karena hidup itu ga seharusnya sesuai terus sama apa yang kita pikirin dan rasain. Jadi bersyukurlah kalian yang masuk jurusan sesuai dengan passionnya. Dan buat yang ngerasa salah jurusan, gue bisa bertahan sampe semester 7 loh, kenapa kalian enggak?


Buat temen-temen yang mau masuk kuliah dipikirin lagi kalian minatnya dimana. Kalo bisa ikut tes minat dan bakat, Karena dari situ bisa jadi tambah referensi jurusan yang cocok atau sesuai sama passion kita. Cukup sekian dari gue. See ya at the next post yaawwnn :))

You Might Also Like

0 komentar