.quickedit{display:none;}
Setelah membahas tentang beberapa teknologi sebelumnya, kini saatnya membahas hal seputar dunia perfilman. Sebuah film tak akan lengkap jika tak ada openingnya. malahan bisa dibilang kesan seorang penonton didapat saat melihat opening film tersebut.

berikut Tutorial pembuatan opening film oleh salah satu siswa SMA Plus PGRI Cibinong.

Tutorial Proses Pembuatan “Opening Effects”
1. Jalankan program After Effects


2. Buatlah komposisi baru dengan cara menekan Ctrl+N. Kemudian, aturlah composition setting seperti pada gambar, kemudian tekan OK.

3. Import Sound FX dengan cara pada menu-bar, pilihlah File > Import > File. Drag atau seretlah musik promo tersebut ke dalam layer kerja.


4. Berilah sebuah warna background pertama dengan cara memilih Layer > New > Solid (Ctrl+Y) secara 2 kali. Pilihlah Ellipse Tool, kemudian klik 2 kali pada salah satu layer warna background. Setting dan aturlah seperti pada gambar.

5. Setelah itu, bloklah warna kedua background tersebut dan tekanlah Ctrl+Shift+C (Pre-compose) kemudian tekan OK. Maka, background pertama pun sudah fix dan tidak dapat diubah lagi.

6. Buatlah sebuah text dengan cara memilih Layer > New > Text. Kemudian, pada panel Effect & Presets, dan pada kotak search-nya, carilah Auto_Fade, kemudian drag ke layer text pertama. Sehingga menghasilkan gambar seperti ini.

7. Duplicate layer text pertama dengan cara Ctrl+D sebanyak 5 kali, kemudian ubahlah masing-masing nama layer sesuai keinginan Anda. Samakanlah ketukan musik tersebut, seiring dengan panjang frame masing-masingnya. Sehingga menghasilkan gambar seperti ini.

8. Buatlah text baru. Pada layer Text yang telah dibuat, ubahlah layer text menjadi 3D Layer sehingga pada layer kerja bagian text-nya terdapat sumbu X, sumbu Y dan sumbu Z.

9. Tekanlah P pada layer text untuk memunculkan Position. Berilah text tersebut dengan cara aktifkan keyframe dan sertakan kreasi keyframe tersebut sehingga menjadi suatu text effect.

10. Setelah yakin dengan text effect yang telah dibuat, duplicate layer text tersebut dengan cara Ctrl+D secara 4 kali. Dan hasilnya pun tampak seperti gambar dibawah ini.

11. Pada panel Effects & Presets, dan pada kotak search, carilah film_flash. Setelah itu, klik-lah 2x effect film_flash tersebut. (Pastikan tidak ada satu pun panel layer text maupun background yang sedang di blok)

12. Pada layer solid film_flash-nya, ubahlah menjadi Toggle Switch dan aktifkan Adjustment Layer-nya. Setelah itu, buatlah background kedua (caranya seperti nomor 5).

13. Tampak seperti gambar, aturlah serta kreasikanlah berbagai effectnya. Effect film_flash memberikan suatu efek kilatannya agar tampilan video terlihat menarik. Pada layer solid film_flash-nya, berikanlah efek kilatan tersebut dengan cara pada menu-bar pilihlah Layer > Add Marker. Maka akan tampak seperti gambar. (Pastikan layer solid film_flash-nya dalam keadaan di blok untuk menandakan serta menyertakan efek kilatannya).

14. Pada tahap ini, hal pertama yang dilakukan yaitu berilah warna background lagi dengan cara Layer > New > Solid. Langkah selanjutnya, pada layer background yang telah dibuat, sertailah Optical Flares dengan tahap dimulai dari menu-bar, pilihlah Effect > Video Copilot > Optical Flares. (Pastikan Optical Flares tersebut berada di layer background kedua).

15. Imajinasikanlah pergerakan Optical Flares tersebut, setting dan aturlah Position, Brightness and Rotation Offset Optical Flares tersebut sesuai kreasi dan imajinasi Anda.

16. Jika sudah yakin dengan pembuatan Optical Flares-nya, tekanlah Ctrl+D (Duplicate) layer background yang terdapat effect Optical Flares sebanyak 4 kali. Masih dalam keadaan blok, dan jadikanlah menjadi Mode Add.

17. Setelah itu, buatlah warna background ke-3 dengan membedakan tampilan backgroundnya (Caranya seperti nomor 5). Akan tetapi, pada layer background ketiga, ubahlah menjadi Mode Add. Langkah berikutnya, lanjutkanlah ke tahap berikut yaitu Adjustment Layer dengan cara pada menu-bar, pilihlah Layer > New > Adjustment Layer.


18. Pastikan layer Adjustment Layer dalam keadaan blok, kemudian tambahkan suatu effect berupa particle agar tampilan video terlihat lebih menarik, dengan cara pada menu-bar pilihlah Effect > Simulation > CC Star Burst. Tahap selanjutnya, variasikanlah particle tersebut dengan Optical Flares (proses pembuatannya seperti no.14) Lalu, imajinasikan berbagai setting dan pengaturan CC Stars Burst dan Optical Flares tersebut dengan cara mengatur keyframenya menurut imajinasi dan kreativitas Anda.


19. Pada tahap ini, pastikan layer Adjustment Layer dalam keadaan blok. Kemudian, berilah effect Glow dan Hue/Saturation agar particle CC Star Burst-nya terlihat lebih menyala. Caranya, pada menu-bar, pilihlah Effect > Stylize > Glow. Setelah itu, pada menu-bar, pilihlah Effect > Color Collection > Hue/Saturation. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

20. Apabila desain tersebut telah selesai dibentuk, tahap selanjutnya yaitu membuat text effect lagi dengan proses pengerjaan yang sama. Kreativitaskan lagi berbagai Position dan Rotation sesuai kemauan dan keinginan Anda. Lihat gambar.


21. Tahap berikutnya, import suatu gambar untuk langkah mendekati finishing, caranya pada menu-bar, pilihlah File > Import > File. Kemudian, seretlah/drag gambar tersebut ke panel layer kerja.¬¬¬¬¬¬¬

22. Kreativitaskan serta imajinasikanlah masing-masing gambar tersebut. Berikanlah suatu Effect maupun variasikan Rotation gambar tersebut. Dan hasilnya pun tampak seperti gambar.




23. Pada tahap akhir ini, jadikanlah karya tersebut menjadi satu buah film dengan cara pada menu-bar, pilihlah Composition > Make Movie atau Ctrl+M. Kemudian, pilihlah Render. Maka akan tampil progress penyimpanannya.



24. Jika progress tersebut telah selesai, putarlah ke dalam suatu media player. Dan alhasil, nikmatilah buah karya Anda tersebut.

Reaksi Anda:
Posted by Dini Nuraini On 21.39 14 comments

14 komentar:

  1. keren anak SMA bisa bikin ini;))

    BalasHapus
  2. Thanks ya gan udah sharing, thanks kebetulan sedang ada tugas tentang ni hehe tengkyu bacaanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama-sama. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  3. law cara bikin videonya gimana gan,,hehe kasih bocoran donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. di nomor 23 sudah dijelaskan gan. monggo dicek ::)

      Hapus
  4. Nice Info Gan
    Terimkasih banyak

    Blog Walking
    http://obatjellygamatgoldg.net/

    BalasHapus
  5. gg ada file project .aepnya mba..

    BalasHapus
  6. mas,ko saya ngga ada tulisan auto_fade nya?

    BalasHapus
  7. mas,ko saya ngga ada tulisan auto_fade nya?

    BalasHapus
  8. elipse tool dimananya gan?tolong kalau kasih info yang lengkap

    BalasHapus

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Kata Mutiara Hari Ini

Successful people are not gifted; they just work hard, then succeed on purpose

-GK Nielson-

Visitors

Subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Twitter Share

Translator

    My Followers

    Contact Person

    Email : Dini Nuraini
    Twitter : @dininurainii
    Facebook : Dini Nuraini