.quickedit{display:none;}

Hai selamat malam duniaaaa. Kenalin dulu sebelumnya. Nama aku Dwi Dini Nuraini biasa dipanggil Dini. Salah satu siswa SMA swasta favorit di Cibinong yang baru aja pembagian rapot kemaren dan dinyatakan naik ke kelas 12. *Prook *proook
Cukup kasih selamatnya. Loh? Jadi gini, seperti yang udah dijelasin diatas kalo aku itu sekolah di salah satu SMA Favorit di Cibinong. Nah, sebelumnya mari kenalan dulu sama sekolahku.
Tadaaaa……..


Kenalin ini sekolahku. SMA Plus PGRI Cibinong. Sekolah dengan fasilitas 3 Gedung Pembelajaran dan 2 Program sekolah berbasis Unggulan dan Regular sudah dikenal dengan sekolah SMA yang kejuruannya banyak. Nah loh bingung kan? Maksud kejuruannya banyak itu beda sama SMK maupun sekolah lain.
Sekolah ini mempunyai kurang lebih 18 pembelajaran seni budaya. Maksudnya, anak-anak di sekolah ini dibebaskan untuk mengambil satu kejuruan yang akan masuk ke dalam nilai seni budaya. Aku sendiri saat kelas 10 mengambil pelajaran web design dan saat kelas 11 dilanjutkan dengan web program.

18 program pembelajaran kejuruan ini atau biasa disebut dengan ‘Student Day’ dimaksudkan untuk mengasah kemampuan alami yang ada pada setiap siswa. Dapat dibuktikan dari berbagai macam prestasi yang telah di dapat dari masing-masing student day. Belum lagi acara tahunan yang disebut dengan student day expo. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun guna memamerkan hasil yang telah dipelajari para siswa di masing-masing student day nya membuktikan bahwa student day ini  sangat berguna dalam meningkatkan kreatifitas anak.





Yang unggul lagi, sekolah ini mempunyai ‘Sapta Budaya’. Sapta yang artinya 7 dan budaya yang artinya ya budaya. Jadi intinya sekolah ini mempunyai 7 budaya. Yuk tengoookkkkk.
1.      Budaya Disiplin
Motto : Tanpa disiplin anda tidak akan pernah sukses.

2.      Budaya Belajar

Motto : Tanpa budaya belajar anda akan menjadi orang bodoh dan dibodohi

3.      Budaya Bersih

Motto : Tanpa budaya bersih berarti anda tidak sehat.

4.      Budaya Persatuan dan Persaudaraan

Motto : Dunia akan sempit, panas sumpek tanpa sahabat dan saudara.

5.      Budaya Menabung

Motto : Hemat pangkal kaya.

6.      Budaya Kerja Keras

Motto : Cinta Persatuan dan Kesatuan

7.      Budaya Mutu

Motto : Menjaga Kehormatan Almamater

Kurang hebat apa coba? Hehe. SMA Pus PGRI Cibinong juga punya 6 program Unggulan. Mau tau? Yuk intiiip…
          3.      Bimbingan Baca Qur’an
Untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang  Maha Esa sekaligus mengembangkan kecerdasan spritual siswa, SMA Plus PGRI Cibinong memiliki program BBQ. Dari berbagai observasi menyimpulkan bahwa siswa yang cenderung indisipliner adalah yang tidak sholat, tidak puasa, dan tidak bisa membaca Al-Quran. Oleh karena itu sejak lama sekolah ini menyelenggarakan kegiatan bimbingan sholat melalui sholat berjamaah, baik sholat lima waktu, sholat dhuha, dan sholat jum’at secara bergantian.
Dalam hal kemampuan membaca Al-Quran, siswa dibagi dalam 3 kelompok yaitu: yang sudah lancar, yang belum lancar dan yang belum bisa membaca Al-Quran. Pengelompokan ini dilakukan pada saat wawancara masuk SMA Plus PGRI Cibinong. Bagi siswa muslim wajib mengikuti program ini sesuai dengan kelompoknya. Calon siswa yang tidak siap mengikuti program ini tidak akan diterima menjadi siswa baru. Untuk melayani program ini sekolah menyiapkan 3 orang instruktur (pelatih). Siswa yang telah lancar membaca Al-Quran mengikuti program pengembangan misalnya kaligrafi dan pendalaman islam, sedangkan yang belum lancar diberikan materi tadwij. Untuk yang belum bisa membaca Al-Quran mengikuti program Iqra.
4.      Pusat Riset
SMA Plus PGRI Cibinong mungkin satu-satunya sekolah yang memiliki Departemen Teknologi Informasi di Indonesia. Peresmian gedungnya dilakukan oleh menteri komunikasi dan informatika RI yang ketika itu Dr. Sofyan Djalil, SH, MA, MALD.

Didirikannya Departemen Teknologi Informasi ini adalah wujud dari keseriusan sekolah mengembangkan teknologi informasi yang mendukung pendidikan. Kemujuan sekolah dibeberapa negara ASEAN menyadarkan kita, bahwa ke depan ini pembelajaran berbasis teknologi informasi adalah sebuah keniscayaan. Kita harus prihatin atas ketertinggalan sekolah-sekolah Indonesia dalam mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dibandingkan dengan sekolah-sekolah di Singapura dan Malaysia. Program ini juga merespon program Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono membuat pusat riset teknologi informasi untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dalam bidang TI. 

Penyusunan konsep memakan waktu 3 tahun di bawah bimbingan seorang konsultan. Saat ini Departemen TI telah mampu mandiri dengan memiliki 11 orang guru instruktur berlatar belakang teknisi dan akademisi yang bertugas mengembangkan pusat riset TI. Mereka didukung hampir 200 orang anggota kelompok siswa pembinaan khusus (KOPASUS) TI, yang dibagi dalam 3 divisi, yaitu: Divisi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Divisi Multimedia (MM), dan Divisi Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Hasil eksplorasi masing-masing divisi, tiap bulan ditampilkan dalam forum knowledge sharing untuk disempurnakan bersama. Semua komputer yang dimiliki sekolah adalah rakitan para siswa anggota kopasus TI. Begitu juga seluruh jaringan komputer yang ada dilingkungan sekolah dikerjakan oleh siswa. Para anggota kopasus TI divisi multi media juga melatih guru termasuk pendampingan dalam penyusunan bahan ajar. Adapun pusat riset TI telah berhasil membuat program keuangan dan Program Perpustakaan Pusat. Manfaat lain dari Departemen TI adalah tidak adanya biaya pemeliharaan komputer, karena setiap kerusakan ditangani oleh siswa anggota kopasus TI. Kesuksesan mengembangkan TI ini mengantarkan SMA Plus PGRI Cibinong sebagai sekolah Pusat Sumber Belajar di bawah Direktorat Pembinaan SMA Kementrian Pendidikan.
           5.      Quantum Learning
Sejak tahun 2002, SMA Plus PGRI Cibinong telah melakukan reformasi dalam proses pembelajaran, dari proses pembelajaran tradisional dengan proses pembelajaran moderen berbasis Quantum Learning. Proses pembelajaran tradisional berpusat pada guru dan siswa pasif, sedangkan proses pembelajaran moderen berpusat pada siswa dan guru hanya fasilitator. Suasana pembelajaran adalah menyenangkan, sehingga belajar tidak menjadi beban tetapi mengasyikkan.

Untuk menjaga mutu proses pembelajaran, SMA Plus PGRI Cibinong memiliki Quantum Learning Centre yang personalnya adalah para instruktur Quantum Learning Centre. Tugas dari Quantum Learning Centre ini adalah mengadakan pelatihan, membina, mengontrol proses pembelajaran dengan rutin serta meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Quantum Learning Centre juga telah memberikan pelatihan-pelatihan guru diberbagai sekolah di tanah air.
            6.      Pusat Bahasa Inggris
Untuk mendukung visi globalnya, SMA Plus PGRI Cibinong menggalakan program peningkatan kemampuan berbahasa inggris bagi seluruh warga sekolah terutama siswa dan guru. Program ini sudah cukup lama diselenggarakan terutama bagi siswa, sedangkan untuk para guru dan karyawan selama ini belum menjadi program prioritas. Hal ini disebabkan sekolah masih memprioritaskan peningkatan kemampuan teknologi informasi (komputer), akan tetapi mulai tahun 2010 ini mulai ditingkatkan. Untuk itu SMA Plus PGRI Cibinong telah mendirikan Pusat Bahasa Inggris yang tugasnya meliputi penyelenggaraan kursus bahasa inggris bagi siswa, guru dan karyawan, baik diselenggarakan sendiri maupun kerjasama dengan pihak luar.

Pusat bahasa inggris ini juga bertugas menyelenggarakan event atau lomba kemampuan berbahasa inggris bagi siswa dan guru. Event atau lomba bagi siswa sudah rutin dilaksanakan setiap tahun, dan peserta yang terbaik biasanya akan mewakili sekolah dalam event atau lomba yang diselenggarakan oleh pihak luar sekolah.
-->
Wedeeeeeehhh, kurang keren apa coba sekolahku? Fasilitasnya super duper lengkap. Program sekolahnya yang unggul di segala bidang. Sapta budaya yang gak dimiliki sekolah lain. Pokoknya banyak banget hal unggul yang ada di sekolah ini. Nah kalo penasaran, bisa langsung liat aja ke web sekolahku. Disiniiii. Atau kamu bisa follow twitter sekolahku di @SMA_Pesat.

Oh iya asal pada tau juga ya, web sekolahku diurus langsung oleh para siswa Rekayasa Perangkat Lunak. Yang servernya juga dipegang sendiri oleh para siswa Teknik computer Jaringan. Dan ga kalah lagi segala macam aktivitas yang terjadi selalu di dokumentasikan sendiri oleh para siswa dari Multimedia.  

Deuh klepek-klepek dah sama sekolah ini. dan satu pesen aku sih, orang tua gaperlu khawatir atau kebanyakan mikir buat masukin anaknya ke sekolah aku, karna dari ringkasan yang aku cantumin diatas keliatan banget dong sekolahnya kaya gimana? hehe. Yaudah cukup segini aja deh, nanti takut kebeber semua kehebatannya. Huahahaah. yaudah, kalo gitu aku pamit undur, sampai ketemu di postingan selanjutnya. yuk dadah babaaaaaayyyyy

Reaksi Anda:
Posted by Dini Nuraini On 21.42 3 comments

3 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Kata Mutiara Hari Ini

Successful people are not gifted; they just work hard, then succeed on purpose

-GK Nielson-

Visitors

Subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Twitter Share

Translator

    My Followers

    Contact Person

    Email : Dini Nuraini
    Twitter : @dininurainii
    Facebook : Dini Nuraini